Kamis, 06 November 2008

SMA Muhammadiyah 1 Panji Situbondo Menuju sekolah modern berbasis ICT





Sekitar 2 kilometer dari alun-alun Kota Situbondo ke timur, tepatnya di Mimbaan Panji Jl. Basuki Rahmat No. 221 Situbondo. Disanalah terdapat kawasan SMA Muhammadiyah 1 panji yang sekarang dikenal dengan nama SMAM. 


SMAM didirikan pada tahun 1979 oleh sebuah panitia kecil yang di ketuai oleh Drs. M. Soeradji, sebuah panitia kecil inilah lahirlah sebuah sekolah yang berkualitas dan mampu bersaing dengan SMA lainnya pada saat ini.

Pada didirikannya SMAM masih belaum mempunyai bangunan/gedung sendiri,maka dari itu suatu kelompok yang di ketuai oleh Drs. M. Soeradji tersebut memutuskan untuk menyewa salah satu gedung yang berada di kawasan jalan Basuki Rahmat Situbondo yang sekarang ditempati SD Unggulan Muhammadiyah yang berlokasi di sebelah utara Majid Al-Jihad Situbondo.

SMA Muhammadiyah telah mengalami 5 periode pergantian kepala sekolah yaitu periode pertama Drs. M.soeradji, periode yang kedua dipimpin oleh Qomari A.Rosyadi.BA, periode yang ketiga SMAM dipimpin oleh Abd.Rawhman.BA, sedangkan periode yang keempat SMAM dipimpin oleh Djauharul Abidin.SH. dan untuk periode yang kelima sampai sekarang yaitu Drs.H.Bambang pujiarto.

Pada tahun 2002 SMAM menjadi korban politik. Ribuan masa pembela Gusdur menjelang lengsernya kepemerintahan Gusdur mereka membakar SMAM hingga nyaris rata dengan tanah. Ratusan siswa-siswi SMAMpun menjadi korbannya, bukan hanya itu seluruh perkantoran Muhammadiyah khususnya di jawa-timur hangus dibakar massa. namun SMAM terus memerankan kiprahnya dan terus berusaha bangkit lagi dan meraih prestasi. Jatuh itu hal yang biasa, Namun,jika jatuh jemudian bangkit lagi dan bahkan meraih prestasi, itu baru luar biasa, dan inilah pengalaman bagi SMA muhammadiyah 1 panji

Pada saat ini SMAM berkebang sangat pesat. Dan terbukti para alumni-alumninya mampu berkiprah di masyarakat. Dengan mengedepankan wawasan keislaman dan menyeimbangkan dengan pengetahuan umum disertai berbagai metode dan bentuk-bentuk pengajaran yang memikat dan menghibur akan memberikan kesan lain bagi siswa-siswinya.

Prestasi

Prestasi yang pernah diraih siswa-siswi SMAM antara lain:

  1. Juara 2 Fisika
  2. Juara 3 Matematika
  3. Juara Harapan 1 Biologi
  4. Juara Harapan 1 Kimia
  5. Juara Bulu Tangkis (pa) Tk. Kab. Situbondo
  6. Juara 1 Lari 5000 m (pa) tk. Kab. Situbondo
  7. Juara 1 Lari 200 m (pa&pi) tk. Kab. Situbondo
  8. Juara 1 Gerak Jalan (pa&pi) tik. Kac. Panji
  9. Juara 2 Pencak Silat (pi) se Jawa Bali
  10. Juara 2 Pencak Silat SeJawa Timur

Olimpiade MIPA Tingkat Kabupaten Situbondo:

  1. Juara 2 Fisika
  2. Juara 3 matematika
  3. Juara harapan 1 Biologi
  4. Juara harapan 1 Kimia
  5. Juara III Sains Bidang Komputer

Prestasi Bidang Olahraga:

  1. Juara Bulu Tangkis (Pa) Tk Kab. Situbondo
  2. Juara 1 Lari 5000 m (PA) Tk Kab. Situbondo
  3. Juara 1 Lari 200 m (Pa & Pi) Tk Kab. Situbondo
  4. Juara 1 Gerak Jalan (Pa & Pi) tik. Kec. Panji
  5. Juara 2 Pencak Silat (Pi) se Jawa dan Bali
  6. Juara 2 Pencak Silat Se Jawa Timur

Mulai dari nol

Memang SMA Muhammadiyah 1 Panji pernah nyaris rata dengan tanah dan kehilangan hampir semua aset yang dimiliki sekolahsetelah kejadian tersebut SMA Muhammadiyah 1 Panji melakukan pembangunan kembali dan perombakan ulang mulai dari administrasi sekolah, pembangunan gedung dan ruangan kelas, kantor secara bertahap. Sejak itu tugas kami sebagai tenaga pendidik terasa sangat berat. Yang mana sebelumnya fasilitas untuk kegiatan belajar mengajar seperti ruangan kelas, papan tulis, lab, sarana olah raga selalu tersedia dan siap digunakan, tetapi setelah kebakaran tersebut semuanya sulit didapatkan.

Baru setelah beberapa bulan kemudian pembangunan ruangan kelas dan gedung kantor selesai. Tetapi apa yang terjadi setelah peristiwa tersebut sangat diluar dugaan. Pembangunan mulai dari nol sampai sekolah SMA Muhammadiyah 1 Panji pulih kembali sangat diluar dugaan. Gedung SMA Muhammadiyah 1 Panji yang sekarang menjadi lebih bagus dan fasilitas semakin lengkap. Bahkan Lab Multimedia yang dimiliki SMA Muhammadiyah 1 Panji adalah yang terlengkap dan tercanggih di Kabupaten Situbondo, dan menjadi ikon di sekolah tersebut.

Upaya membangun budaya ICT di sekolah mulai berjalan cepat sejak SMA Muhammadiyah 1 Panji memiliki Lab Multimedia sendiri. Lab Multimedia tersebut terdiri dari 1 komputer server dan 20 unit komputer user dengan monitor layer datar, dilengkapi dengan webcam dan headset. Di ruangan tersebut juga tersedia LCD Proyektor dan sound system. Lab ini tidak hanya dipakai pada waktu pelajaran komputer saja, akan tetapi semua mata pelajaran seperti bahasa, kesenian, matematika, biologi, fisika, dan lain-lain, bisa menggunakan Fasilitas Lab Multimedia.

Membangun budaya ICT/TI

Mulai tahun 2008 SMA Muhammadiyah 1 Panji mencoba membangun budaya ICT di lingkungan warga sekolah. Para guru pengajar dituntut untuk membiasakan diri dengan komputer dan alat-alat teknologi lainnya, misalnya dalam mengajar di kelas atau di lab sedapat mungkin menggunakan LCD Proyektor, menampilkan bahan ajar dalam bentuk slide animasi power point, dan menggunakan alat-alat peraga yang berbasis ICT.

Di dalam system administrasian sekolah, bagian tata usaha sudah mulai mengimplementasikan program Paket Aplikasi Sekolah, yaitu program data base yang sudah dianjurkan oleh Depdiknas dan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sejak ada fasilitas gedung Lab Multimedia dan Lab IPA, budaya ICT di kalangan warga sekolah mulai dikembangkan dan semakin kelihatan hasilnya. sampai sekarang perkembangan ICT mulai merangkak menuju sekolah modern berbasis ICT.

Ekstrakurikuler multimedia

Untuk lebih memantapkan lagi budaya ICT di SMA Muhammadiyah 1 Panji, maka kegiatan ekstrakurikuler siswa ditambah dengan ekstrakurikuler Multimedia dan teknisi komputer, yang mana sebelumnya terdiri dari ekstra musik, theater, tapak suci, otomotif, volley, Hisbul Wathon (pramuka), dan kelautan.

Ekstrakurikuler Multimedia ini mencakup fotografi, video shooting, editing foto, editing video, dan desain grafis. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini, siswa memperoleh keahlian lain diluar kurikulum sekolah yang bisa bermanfaat bagi masa depan siswa nanti setelah lulus dari SMA Muhammadiyah 1 Panji.


16 komentar:

  1. assalamu alaikum
    wah.. ceritanya cukup singkat tapi menarik, saya salut sama SMA muhammadiyah panji atas perkembangannya yang begitu pesat.

    BalasHapus
  2. kapan-kapan saya akan main ke smam

    BalasHapus
  3. saya punya kenalan guru di smam, dulu teman saya kuliah, enggak tau masih apa masih di sana?
    namanya bapak Nurkholik.

    subagio
    sman 2 balung

    BalasHapus
  4. wah hebat sekali smam 1 panji, saya gak menyangka dlm perkembangannya sangat pesat skali. aku doakan semoga smam 1 tetap jaya dan sukses selalu.

    m. hefni alumni smam 1 panji 1986

    BalasHapus
  5. Sbg siswa smam q ckup bngga sekolah d sni. nyaman banget.

    BalasHapus
  6. kayakx smam biasa tuh gak lebih cuma otak siswax yang encer kalau emang betul adax he...he...he....

    BalasHapus
  7. di smam cuma 1 yang saya kagumi yaitu cowokx ganteng yang bernama iwan santoso XI ipa

    BalasHapus
  8. AKU SENANG SEKALI SCOL DI SINI BECAUSE Q BISA MENDAPATKAN 2 ILMU SEKALIGU:ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN

    BalasHapus
  9. smam sekolahx krang asyik coz grux sllu cuek ma mridx n gal2k

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum...

    Hmmm.. setelah bertahun2 berkelana di dunia maya, akhirnya ada juga yg bikin blog dari SMAM.

    sampean ini guru di Smam? tlong titip salam buat Pak Bambang, ane lulusan tahun 2002. Atau Ibu Supen kalo beliau masih mengajar di sana.

    BalasHapus
  11. asslmlkum
    q bgga dgn sklh q cz q dpt ilmu umum yag bgus n ilmu k agmaan yg dlm


    husnu siswi SMAM 1 PANJI SITUBONDO

    BalasHapus
  12. ASLLMKUM


    Q SGT BGGA DGN SMAM, SMAM KN SLALU D HTI I LUPH SMAM



    HUSNUL KHOTIMAH
    SISWI SMAM 1 PANJI

    BalasHapus
  13. SMAM masa laluku di sana aku belaajar , love u SMAM 1 Panji . aku juga ikut mengukir sejarah olah raga yaitu gerak jalan pada waktu itu aku jadi komandan barisan, salam buat mas riski guru juga sahabat,

    BalasHapus
  14. Salam hormat untuk semua dewan guru yg actif atw yg purna. Saya angkatan 93

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah,sekolahku semakin terlihat megah..tetaplah maju SMAM ku

    Salam dari saya alumni 94.salam hormat buat para guru terutama bapak Kholik,wali kelas 3A2 ( kalau tidak salah )

    BalasHapus